Maaf tidak update reguler

Yang tetap saya update adalah kemampuan menulis huruf Indra berdasarkan ucapan. Dua minggu terakhir ini (setiap hari, kecuali Sabtu) saya berdiri d i belakang Indra yang duduk menulis. Saya mendikte setiap huruf yang ada di sebuah ensiklopedia bergambar (terletak di hadapan Indra), kemudian Indra menuliskan huruf itu di buku tulis. Jika ia tak tahu cara menulis huruf “b”, perutnya ke arah mana, saya memintanya melihat ensiklopedia itu (contekan).

Sekarang Indra telah mampu duduk sendiri tanpa bantuan dikte dari saya. Hari ini saya memilih sebuah gambar kamar tidur, dan setiap barang di kamar itu diberi nama. Saat ia selesai menuliskan semua barang (ada dua belas nama barang ditulis dalam waktu satu jam), saya selalu menciumnya dan memberikan pujian.

Satu hal lagi yang menjadi catatan saya minggu ini: Indra selalu bertanya “Kenapa?” untuk hal-hal yang ia tak mengerti sebab-musababnya. Dan pertanyaan ini bukan pertanyaan numpang lewat; harus dijawab dengan baik.

Satu contoh, kondisinya adalah saya ajak ia dan kakaknya pergi Sabtu kemarin, dan sang adik saya tinggal di rumah dengan ayahnya. Lalu tadi sore saya hanya ajak sang adik pergi dan ia saya tinggal, ia menangis. Setelah kembali, saya bilang, “‘Kan kemarin adik tidak ikut kita jalan-jalan, jadi sekarang Ibu ajak ia pergi.” Indra hanya singkat bertanya, “Kenapa adik tidak diajak kemarin?” Kalau saya terangkan bahwa merepotkan membawa 3 anak sekaligus, tentu akan ada pertanyaan yang lebih panjang. Akhirnya jawaban saya juga singkat, “Biar Bapak ada temannya, ‘kan Bapak juga tidak ikut kita jalan-jalan.” Akhirul kalam, menjawab pertanyaan anak (tak hanya disleksia, mungkin) terkadang kita harus sedikit diplomatis.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

