Day 14

Saya bisa membayangkan bagaimana memiliki anak lebih dari 3 orang. Satu sakit yang lain ikut sakit, tentulah kelelahan yang amat sangat yang harus diterima sang ibu. Sepuluh hari lalu Indra sempat sakit, dan sejak beberapa hari ini sudah kembali ke sekolah. Sekarang giliran adiknya dan kakaknya. Panas tinggi disertai batuk berdahak. Penyakit pancaroba. Saya hanya  menemani Indra ke sekolah di pagi hari untuk memberinya semangat. Dia bertanya banyak sepanjang perjalanan ke sekolah. Sesampai lagi di rumah, suami saya bilang, “Indra tidak butuh jawaban atas semua pertanyaan itu.” Saya tak setuju. Semua pertanyaannya harus dijawab. Detail. “Ada apa di dalam tulang,” atau “Mengapa ada rasa sakit.” Saya tekankan kepada suami saya, bahwa Indra itu perekam yang baik. Ia bisa mengungkapkan banyak hal yang kita hanya ucapkan sekali. Ia bisa merangkaikan banyak hal tersebut dalam satu nafas. It’s his gift.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

