Day 1

Hari ini saya mencoba membuat jurnal perkembangan Indra. Mudah-mudahan bisa membantu saya dan banyak ibu lainnya memahami anak yang mengalami “dyslexia” (learning and reading disorder).

***

Indra minta dibacakan buku dongeng Dinosaurus. Setiap halaman memuat cerita pendek bermoral dengan personifikasi dinosaurus (stegosaurus, brontosaurus hingga tyrannosaurus rex). Yang ditanyakan di setiap halaman adalah, “Ini dinosaurus apa, Bu?” bukan isi dari setiap cerita atau detail kelucuan tiap tokoh.

Saat saya tanyakan, “Ini huruf apa, Ndra?” dan ia jawab “b” untuk huruf “d”, saya kemudian mencoba menulis dan merangkaikan b untuk “bebek” dengan cerita. Huruf b saya gambar menyerupai bebek yang menggandeng “anak bebek” huruf e. Kalau huruf d saya nyatakan sebagai huruf yang meninggalkan anaknya huruf e: dadaaahh. Saya meminta Indra mengucapkan setiap kata dengan keras. Ia mengikuti petunjuk saya dan tertawa-tawa. Setelah itu saya baru mendongeng cerita-cerita dinosaurus.

Setelah membaca sepuluh halaman, saya bergegas kembali ke belakang meja komputer. Ada beberapa hal yang perlu saya tuntaskan. Jam dinding sudah menunjukkan pukul 10.20 malam, tapi Indra masih terpaku di depan Kamus Visual sejak setengah jam lalu. Saya sempat memijat kakinya, berusaha agar ia cepat tidur, tapi ia tetap memperhatikan detail pembagian lantai pesawat luar angkasa (seperti Apollo) dan detail lapangan yang digambari pemain-pemain olahraga berbagai cabang (baseball, sepakbola, dll.). Indra terkadang meloncat ke halaman secara random, dari depan ke belakang. Ia akan berhenti di saat ada gambar yang menarik untuk diperhatikan lebih lanjut.

Saat saya selesai mengetik kalimat di atas, ia baru saja tertidur. Good night, my precious baby.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

